Search This Blog

gravatar

Ngoprek Slitaz...



Beberapa saat lalu gue coba kembali ke hobi gue yang dah beberapa lama gue tinggalin...
Berburu distro linux.. itu hobi gue.. setelah berbagai macem gue coba2 akhirnya gue nemuin yang lumayan sreg di hati.. "SLitaz" Distro yang lumayan baru, simpel, dengan sistem pemaketan sendiri (.tzpkg), mudah di customisasi dan diremastering dengan tool yang simple..

Slitaz adalah distro yang berasal dari perancis, termasuk pada golongan Light Linux Desktop dengan ukuran iso cuma 25MB (kecil kan..!), berupa LiveCD yang bisa di install di HD dengan mudah, Slitaz menggunakan windwos manager OpenBox dan meggunakan Busybox untuk utilitas di konsul.

Proses boot lumayan cepet (dibanding distro liveCD lain), gue menggunakan p4 1.7 RAM 512. Untuk install ke hd tinggal klik "Slitaz Installer" dari menu system tool. Memang masih ada bug untuk program installernya, dari beberapa kali yang gue coba, gue harus jalanin install beberapa kali, sering kali install berhenti cuma sampe format HD, terkadang program install jalan tetapi tidak kelihatan di desktop cuma terlihat dari cpu usage monitor yang tampil di sebelah kanan bawah, itupun biasanya cuma sampe copy file ke HD dan gue harus nglanjutin install boot loadernya secara manual pake grub-install.

#grub-install --root-directory=/mnt/target hd0

-------- lalu tambahkan di /mnt/target/boot/grub/menu.lst agar bisa boot utk windows

title Windows XP
rootnoverify (hd0,0)
chainloader +1

Dari beberapa kali gue install, cuma sekali yang sukses sampai tuntas dg bootloader terinstall.

Walaupun agak sedikit ribet tapi lumayan.. sekalian bisa tambah ilmu.. Linux emang ribet, semakin ribet n banyak masalah pasti semakin banyak belajar, akhirnya semakin pinter... kesimpulannya linux mengajak kita pinter....

gravatar

pakai grub aja , ga usah format hd, cukup tambah glrdr dan menu lst di C: , dan tambah menu grub di boot.in

slitaz masi error di set monitor
bagusan lucid puppy,semua hardware termasuk modem evdo kedetek